Menu Layanan

Pengunjung Online

Kami memiliki 29 guests dan tidak ada anggota yang online

Kunjungan Web

000067218
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Akhir minggu
Bulan ini
Akhir bulan
Total
31
159
864
6408
8336
6
67218

IP Anda: 54.161.77.58
27-05-2017 00:24

SMA Negeri 4 semarang terdiri dari 33 rombongan belajar  (kelas) memiliki 1194 siswa 66 guru dan 20 karyawan. Proses pembelajarannya sudah berbasis IT (Informasi Teknologi) dimana pada setiap kelas (kelas X, XI dan XII) sebagian besar guru dan siswa sudah menggunakan LCD & komputer. Dalam pembelajaran para guru membuat media pembelajaran berupa power point atau animasi - anmasi sehingga proses pembelajaran menerapkan prinsip yang  lebih menarik, berkualitas, dan bermakna. Adapun prestasi SMA Negeri 4 semarang dalam beberapa tahun terakhir tampak mengeliat fantastis terbukti dari prestasi demi pretasi yang diraih baik prestasi akademik maupun nonakademik. Misalnya, pada hasil Ujian Nasional SMA Negeri 4 Semarang pada Tahun Pelajaran 2015 / 2016, untuk Jurusan MIPA, Jumlah Peserta ujian : 289 siswa. Dari jumlah tersebut, angka kelulusan siswa adalah 100 %. Untuk peringkat Negeri dan swasta di kota Semarang, SMA Negeri 4 Semarang menduduki peringkat ke 6 (enam) paper based,  dengan jumlah nilai tertinggi  406.55. untuk Jurusan IPS, Jumlah Peserta ujian : 70 siswa. Dari jumlah tersebut, angka kelulusan siswa adalah 100 %. Untuk peringkat Negeri dan swasta di kota Semarang, SMA Negeri 4 Semarang menduduki peringkat ke 1 (pertama) dengan jumlah nilai tertinggi  437,20.

SMA Negeri 4 Semarang mengembangkan kultur sekolah adalah sebagai berikut :

  1. Setiap pagi pembelajaran diawali dengan “Jam Literasi” selama 15 menit untuk menambah wawasan siswa dan upaya melakukan kegiatan gemar membaca bagi siswa, yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama sama seluruh civitas akademika SMA Negeri 4 Semarang untuk lebih menanamkan rasa cinta pada tanah air Indonesia. Lagu kebangsaan juga dinyanyikan secara bersama setiap hari sebelum kegiatan pembelajaran usai.
  2. Peningkatan iman dan taqwa, antara lain pada setiap Jumat pagi diadakan kegiatan keagamaan, bagi pemeluk agama islam bersama-sama membacakan Alqur’an atau Asmaul Husna, sedangkan bagi yang non islam mengadakan doa bersama di ruang agama masing-masing. Kegiatan sholat Jum’at juga dilakukan bersama seluruh keluarga besar SMA negeri 4 Semarang baik itu guru, karyawan dan siswa yang beragama Islam. Istirahat kedua berlangsung selama 45 menit untuk melakukan ISOMA (bagi yang islam disediakan waktu untuk sholat Dhuhur berjamaah di Masjid sekolah atau aula). Selain itu, organisasi Rohani juga melaksanakan kegiatan-kegiatan agama secara insidental sesuai dengan agama masing-masing.
  3. Mengembangkan budaya hidup damai yaitu dengan Senyum, Salam, Sapa, semangat, Sopan santun, dan sportif dimaksudkan untuk mengantisipasi kenakalan remaja oleh para siswa, anti kekerasan, anti narkoba, dan saling menghargai serta menghormati antar sesama siswa maupun terhadap guru dan karyawan .

Demikian gambaran singkat informasi layanan pendidikan di SMA Negeri 4 semarang, selanjutnya kami mohon doa restu pada anda semua, semoga SMA Negeri 4 Semarang selalu dapat mengikuti derap langkah pembangunan bidang pendidikan.