Akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, semua aspek kehidupan berdampak, tak terkecuali dunia pendidikan.

Tahun pelajaran 2020/2021 akan dimulai pada tanggal 13 Juli 2020, SMA Negeri 4 Semarang harus menyiapkan rencana Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ.  Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra Wiji Eny Ngudi Rahayu, M.Pd mengaku sekolahnya memang salah satu dari beberapa sekolah lainnya yang dijadikan pilot project penerapan PPJ. Adapun menyikapi PPJ, sekolahnya menerapkan konsep daring murni. Dijelaskannya, konsep daring, setiap guru dapat mengajar beberapa kelas dalam sekali waktu. Dengan demikian gambarannya seperti kelas maya. Beliau juga mengaku sudah menggembleng guru-guru untuk menguasai teknologi pembelajaran dengan adanya IHT Sosialisasi KTSP dan Peningkatan Kompetensi Guru dengan Microsoffice 365 dan penetapan budaya kerja administrasi sekolah (TAS)

Mengingat pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2020/2021 SMA Negeri 4 Semarang, kota semarang masih zona merah maka pelaksanaan MPLS dilaksanakan dengan cara daring,

Mengaju surat edaran Dinas Propinsi tentang Pelaksanaan Pembelajaran semester Ganjil Tahun 2020/2021 maka jadwal pembelajaran Pembelajaran dari tingkat X, XI dan XII dilaksanakan secara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran akan dilaksanakan pada hari Senin sampai Kamis dengan setiap hari maksimal 4 jam dengan durasi 1 jam pelajaran= 60 menit, sedangkan untuk hari jumat untuk penilaian dan pengumpulan tugas.

Adapun jadwal sebagai berikut:

 

Kegiatan MPLS juga terekam oleh TVRI yang ditayangkan pada hari15 Juli 2020